Peran UG dalam membangun masyarakat informasi di Indonesia


Tangkai obor berdiri tegak: Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada nusa dan bangsa. Cawan obor yang melebar dan cekung: Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam. Kobaran api yang kuning keemasan: Menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat. Bentuk lingkaran yang berwarna ungu: Adalah suatu bentuk yang geometris yang member cirri paa ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan. Bingkai segi lima: Menyatakan bahwa universitas gunadarma berazaskan pancaila.

VISI, MISI dan TUJUAN UNIVERSITAS GUNADARMA

Visi

Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi.

Tujuan

Menjadikan program studi yang ada sebagai program pendidikan unggulan masa depanyangberbasiskan tekhnologi informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa dan Negara.

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS GUNADARMA

Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.

Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002. Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 30 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Beberapa tonggak historis Universitas Gunadarma dalam kurun waktu seperempat abad lebih.

Tonggak Historis Universitas Gunadarma No. Hari Tanggal Peristiwa

1. Jumat 7 Agustus 1981 Pendirian Pusat Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK)

2. Senin 10 Agustus 1981 Kuliah perdana mahasiswa PPIK

3. Jumat 9 September 1983 PPIK diubah status dan namanya menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI)

4. Senin 9 Juli 1984 Nama Yayasan Pendidikan Gunadarma dicanangkan

5. Selasa 10 Juli 1984 ASKI diubah status dam namanya menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG)

6. Selasa 14 Agustus 1984 Ijin Operasional Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) diperoleh

7. Jumat 28 September 1984 Wisuda Sarjana Muda pertama

8. Sabtu 9 Maret 1985 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus D

9. Sabtu 5 Oktober 1985 STKG yang berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma memeroleh status “Terdaftar“

10. Senin 5 Januari 1987 Peresmian penggunaan Kampus D

11. Selasa 13 Januari 1987 Sidang Sarjana (S1) pertama

12. Sabtu 24 Januari 1987 Wisuda Sarjana (S1) pertama

13. Selasa 16 Juni 1987 Ujian Negara Cicilan pertama

14. Senin 4 Januari 1988 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Diakui”

15. Selasa 4 Juli 1989 Program Studi Teknik Informatika (TI) dibuka

16. Sabtu 12 Agustus 1989 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Disamakan”

17. Kamis 7 September 1989 Program Studi Tek
nik Informatika (TI) memeroleh status “Terdaftar”

18. Sabtu 13 Januari 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) berdiri

19. Kamis 8 Feuari 1990 Peresmian penggunaan Kampus Salemba 53

20. Kamis 16 Juni 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Terdaftar”

21. Kamis 28 Maret 1991 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus E

22. Rabu 19 Juni 1991 Program Studi Teknik Informatika (TI) memeroleh status “Diakui”

23. Selasa 17 September 1991 Peresmian penggunaan Kampus E

24. Kamis 20 Feuari 1992 Program Studi Teknologi Informasi (TI) memeroleh status “Disamakan”

25. Senin 10 Mei 1993 Program Magister Manajemen dan Magister Manajemen Sistem Informasi dibuka

26. Jumat 24 September 1993 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Disamakan”

27. Rabu 3 April 1996 Universitas Gunadarma (UG) berdiri

28. Selasa 11 Agustus 1998 Program Studi Teknik Informatika (S1) memeroleh peringkat akreditasi A dari BAN-PT

29. Selasa 3 Agustus 1999 Program Magister Teknik Elektro dibuka

30. Jumat 10 Maret 2000 Program Doktor Ilmu Ekonomi dibuka

31. Rabu 22 Mei 2002 Program Magíster Sastra, Magíster Psikologi, dan Magíster Sipil dibuka

32 Senin 17 Juni 2004 Program D3 Kebidanan dibuka

33. Kamis 13 September 2004 Peresmian penggunaan Kampus J Kampus J terbagi lagi menjadi kampus
J1 kalimalang – J2 kali malang – J3 KaliMas

34. Kampus K yang berada di kemang

Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma sampai saat ini merupakan keberhasilan penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi di tingkat institusi.

Prinsip otonomi ini menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Universitas Gunadarma dengan tetap mengikuti perkembangan eksternal, khususnya kebijakan, peraturan dan perundangan yang berlaku. Selain itu, perjalanan yang relatif panjang tersebut juga menunjukkan kepemimpinan yang teruji dan luwes dalam menghadapi berbagai perubahan dan kebijakan yang terkait dalam pengelolaan perguruan tinggi. Kepemimpinan dan sistem pengelolaannya mengacu kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang telah ditetapkan. Info lebih lanjut, silakan kunjungi website http://www.gunadarma.ac.id
(sumber : Link dosen Gunadarma)

Jika melihat prestasi demi prestasi UG, sangat Luar biasa, berawal dari hal kecil hanya beberapa kelas, namun sekarang menjelma menjadi kampus terbaik yang di miliki bangsa Indonesia dengan Ratusan kelas.

Membangun, untuk dapat membangun pastinya butuh penopang yang kuat, yang didasari dengan kualitas dan kuantitas. Universitas Gunadarma, memiliki banyak Lulusan yang bermutu dan yang tidak bermutu – saya tau itu, karna punya temen yang mengalami.

KEMENTRIAN KOMINFO MENCANANGKAN MASYARAKAT INFORMASI INDONESIA 2015, Saat ini perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah demikian pesat, sehingga di negara maju, mayoritas warga dalam kegiatan telah memanfaatkan TIK. Sementara di negara berkembang, hal itu baru muncul di wilayah – wilayah perkotaan dan kawasan industri saja. Universitas Gunadarma telah membuktikan, bahwa Universitas ini memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan informasi di indonesia, Dari tahun demitahun di lalui hingga mencapai usia 30 tahun dan masih akan terus melebarkan sayapnya dalam memberikan kontribusi untuk indonesia. Universitas memiliki sistem yang handal dan setiap mahasiswa yang berprestasi Universitas Gunadarma sangaat memperhatikan Kualitasnya. setiap Situs yang di miliki gunadarma sangat bermanfaat bagi mahasiswanya dan para pengajarnya. Berikut daftar ranking Universitas Gunadarma di Mata Dunia Internasional.

Daftar peringkat Top Ten perguruan tinggi untuk Januari 2011 di Peringkat Nasional dan World Rank selangkapnya dapat dilihat sebagai berikut.

1. Institut Teknologi Bandung (World Rank: 32) ( nasional ; 1 )
2. Universitas Indonesia (World Rank: 155)
3. Universitas Gadjah Mada (World Rank: 621)
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (World Rank: 779)
5. Universitas Gunadarma (World Rank: 1058) (Nasional : 5 )
6. Universitas Sumatera Utara (World Rank: 2010)
7. Universitas Diponegoro (World Rank: 2023)
8. Universitas Bina Nusantara (World Rank: 2070)
9. Universitas Pendidikan Indonesia (World Rank: 2212)
10.Universitas Sebelas Maret (World Rank: 2218)

UNIVERSITAS GUNADARMA, sesuai Visi dan Misinya, UG akan terus berupaya memperbaiki kualitasnya, Untuk mencaapai TOP rank Nasional, bahkan Dunia sekalipun. UG akan duduk bersebelahan dengan ITB dalam hal membantu pengembangan informasi di indonesia.

Namun semua yang bermutu dan berkualitas menurut cerita tidak mungkin di dapatkan jika kita setengah hati. dan buat yang tidak bermutu Hmmmm …. memang itu ganjaran jika kita tidak melakukan segalanya dengan bermain main maka hasilnya pun akan main-main.

.: Alumni atau Orang-Orang yang bermutu dan Berkualitas itu adalah :.

1. Sophian Hadi : siapa dia yg pertama, okeh saya jelaskan :
beliau adalah kaka Ipar saya , lulusan gunadarma tahun 2002 klo ga salah (anak FILKOM) Beliau sangat bijaksana dan disiplin, Beliau sekarang bekerja di perusahaan swasta PT. Roche Indonesia dan tentunya sudah sangan membangun dan berguna, kenapa saya bilang membangun dan berguna ( beliau merupakan orang kepercayaan perusahaan tersebut, dan di setiap tugas keluar negri, pasti kantor memilih beliau untuk melaksanakan tugasnnya, Lalu yang memikat saya untuk memilih gunadarma yaaah karna dia, selalu menjadi motivator atau mungkin menjadi panutan saya, )

2. Boni Herdiyani, : siapa dia ,Lulusan Gunadarma FILKOM
Beliau sangat bijaksana dan disiplin dalam hal waktu dan pekerjaan. Usahanya sangat maju dan akan terus berkembang pesat, menurut kabar beliau sangat berperan dalam mengaktifkan roda informasi pelayanan jasa internet dan Digital Studio, Pelayanan Jasa dan servisnya sangaat berguna dan membangun di masyarakat, Banyak orang membutuhkan Pelayanan Internet yang aman , nyaman , dan kecepatan tinggi 10 mbps anti ngeleg, henk, dll . Dan jasa digital studionya, amat sangat ramai dalam mencetak foto, foto kopi, furniture , gelas, mug . pIN dll. Beliau juga menjadi sumber motivator saya.

3. PAK Petrus (Telkomsel) : siapa beliau, Lulusan Gunadarma (ahli Oracle)
Beliau merupakan anak kesayanagannya PT Telkomsel, saya pernah menggikuti seminarnya yang hebat, seminar yang luar biasa dan membuka pikiran untuk meraih mimpi mimpi yang ingin di capai. Untuk hal membangun dan berguna bagi masyarakat tidak perlu di ragukan lagi, dalam hal kenyamanan komunikasi, dan ide-ide baru yang beliau ciptakan sangat berguna.

4. Pencipta WEB site gunadarma ( Studentsite, Ebook Elearning )
2 situs tersebuat menjadi mediasi saya untuk mencari informasi, studentsite memiliki informasi yang cepat dan sangat di perlukan (heheheeee) , elearning : merupakan buku pendidikan yang sangat di perlukan ( saran : update terus ebook-ebook terbarunya).

>> DEPOK Bersiap jadi Cyber City <<

Berbagai negara coba membuat Cyber City, misalnya di India, China dan sebagainya. Nah, Indonesia sepertinya tak mau kalah mengembangkan kota berbasis cyber. Salah satu yang dipilih adalah kota Depok, yang niatnya akan dikembangkan jadi Cyber City oleh pemerintah bekerjasama dengan kalangan universitas.Cyber City konon memiliki kesamaan ciri yaitu kerja keras, semangat enterpreneur tinggi, jalinan informasi kuat serta sistem pendanaan yang mendorong pertumbuhan perusahaan baru di bidang TI. Biasanya dibarengi tersedianya infrastruktur teknis dan non teknis yang memadai di kota tersebut.Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dengan inisiatif Koridor Industri Telematika coba mendorong beberapa kota menuju ke arah itu. Pemanfaatan dan perkembangan industri TI diyakini berperan sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Di samping itu Cyber City punya ciri pemanfaatan TI oleh pemerintah daerahnya untuk menyediakan layanan publik ataupun memfasilitasi berbagai kegiatan publik, sekaligus mendorong good governance. Salah satu kota yang dipandang layak adalah Depok.Melihat situasi  Depok saat ini yang berkembang pesat, Pemerintah Kota Depok mendorong Depok untuk berkembang ke kota Cyber. Harapan ini berkembang dengan adanya beberapa faktor pendukung, antara lain :- Adanya beberapa perguruan tinggi di sekitar Depok.
– Akses ke pusat penelitian baik di Universitas maupun Lembaga Penelitian
– Tersedianya infrastruktur yang memungkinkan “kehidupan ala pengembang TI”
– Tempat yang memungkinkan sebagai titik pertukaran informasi dan diskusi pembentukan ide.
– Akses ke pusat bisnis Jakarta yang mudah.
– Akses ke pusat industri pengguna jasa teknologi informasi.
– Semangat kerja, ketekunan dan daya tahan tinggi yang ditunjukkan oleh para mahasiswa/alumni dan pengusaha.Cyber City bukan sekedar kota yang dipenuhi fasilitas TI, tapi dipandang perlu dukungan komunitas. Untuk mengembangkan Cyber City, pemerintah Kota Depok mengundang lembaga pendidikan di Depok, salah satunya Universitas Gunadarma untuk berpartisipasi dalam inisiatif mengembangkan Depok menjadi Cyber City.Penandatanganan MoU

Rangkaian kegiatan pertama dalam kerjasama itu adalah pelaksanaan talk show bertajuk “Mengembangkan Cyber City berbasis komunitas” di Kampus Gunadarma, tanggal 4 Maret 2010. Pada acara ini dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Gunadarma mengenai pengembangan pemanfaatan dan pengembangan TIK di lingkungan Depok secara luas.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, penandatanganan MoU dilakukan Walikota Depok Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Ismail MSc, dan Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.  Juga hadir Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring sebagai keynote speaker. Disajikan pula informasi produk atau layanan TI yang dikembangkan pengembang yang berdomisili di Depok, seperti oCentrum, Gerai Dinar, VirtualMall, MantelApp, Meruvian, dan sebagainya. Beberapa pengembang adalah mahasiswa atau alumni Universitas Gunadarma dan juga alumni dari Incubator Bussiness Center (IBC) Depok yang dikelola oleh Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.Pada acara ini juga ditampilkan hasil kerjasama inkubasi industri Universitas Gunadarma dengan Meruvian Foundation dan juga PTE Ltd. Dalam kerja sama dengan PTE Ltd, Universitas Gunadarma akan memproduksi perangkat mobile devices sendiri.

Dan ucapan terakhir dari saya adalah “SELAMAT ULANG TAHUN UNTUK UNIVERSITAS GUNADARMA, SEMOGA MAKIN MAJU DALAM BIDANG-BIDANG TEKNOLOGI INFORMASINYA“. Congratulation..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: