Angry birds diambil alih oleh aplikasi buatan seorang bocah


Seorang anak berusia 14 tahun bernama Robert Nay, berhasil membuat sebuah aplikasi permainan yang dinamakannya Bubble Ball. Permainan tersebut tidak bisa dikatakan biasa-biasa saja, karena permainan tersebut berhasil menggeser peringkat Angry Birds pada daftar aplikasi gratis App Store tahun 2011.

Permainan Bubble Ball yang merupakan aplikasi pertama ciptaan bocah tersebut berhasil menggeser Angry Birds Seasons versi gratis. Aplikasi permainan Bubble Ball untuk iPhone yang diluncurkan pertama kali pada 29 Desember 2010 tersebut, diunduh sebanyak 400 kali dalam satu hari. Namun posisi Angry Birds berbayar tetap kokoh di puncak App Store

Pemrograman bukan hal baru bagi Robert Nay. Untuk membuat aplikasi iPhone, Robert Nay menggunakan program Corona SDK dari Ansca Mobile. Untuk membuat game Bubble Ball, hanya cukup menggunakan Corona SDK versi gratis. Versi berbayar program memungkinkan penggunanya untuk mempublikasikan programnya ke App Store tersebut dibanderol seharga $349. Program tersebut juga digunakan untuk membuat aplikasi game.

Robert Nay tidak sendirian dalam pembuatan Bubble Ball. Dia dibantu oleh ibunya Kari. Sementara Nay membuat program untuk aplikasi tersebut, sang ibu bertugas untuk merancang sebagian besar level permainan ini. Aplikasi permainan yang mulai dibuat sejak bulan November tersebut, menampilkan tampilan grafik dasar. Permainan tersebut dimainkan dengan cara mengarahkan sebuah bola untuk bergerak dari satu bagian layar ke bagian layar lain dengan cara memanipulasi obyek lain seperti segitiga ataupun papan.

Bubble Ball telah diunggah ke Android Market sepuluh hari setelah peluncurannya untuk iPhone tanggal 29 Desember 2010 lalu. Corona mengizinkan aplikasi tersebut diunggah untuk ke dua platform, iOS dan Android. Meski sudah mendapatkan penghargaan “aplikasi pekan ini” oleh Ansca Mobile, Bubble Ball belum berhasil menarik perhatian para pengguna Android.

Nay mencoba mengambil keuntungan dari game yang dibuatnya tersebut. Dia berencana untuk membuat pembelian dalam aplikasi ataupun penjualan barang virtual dalam game. Lanjutkan kreatifitasmu Robert Nay.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: