Tips Buat Blogger Pemula


1) Pilih topik yang betul-betul anda kuasai, anda sukai, dan topik yang membuat anda selalu bersemangat. Dengan cara ini membuat anda tidak akan bosan dan akan membuat pembaca anda selalu tertarik dan terus menerus bertanya.

2) Pilih topik yang tidak banyak persaingannya. Jika topik anda terlalu umum, coba fokus untuk membahas secara lebih spesifik. Sebagai contoh, banyak situs yang membahas tentang mobil, tetapi sedikit sekali yang mengkhususkan pada satu merek, dan bahkan lebih sedikit yang mengkhususkan pada satu model saja. Kunci untuk sukses adalah menemukan suatu topik yang cukup spesifik tapi dengan pembaca/peminat yang banyak.

3) Daftar di www.blogger.com, Gratis dan mudah untuk digunakan. Untuk cara-cara mendaftar di http://www.blogger.com anda bisa lihat disini.

4) Gunakan template yang sederhana, lebih disukai dengan latar belakang putih. Format ini lebih mudah dibaca dan lebih enak di pandang mata ketika dikombinasikan dengan gambar berwarna.

5) Gunakan gambar untuk memperindah blog anda dan memberi penampilan yang lebih profesional. Anda dapat melihat gambar yang bagus dengan biaya yang sangat murah di www.istockphoto.com, atau bahkan gambar gratis di www.flickr.com, jangan lupa permisi pada pemilik gambar tersebut sebelum menggunakannya.

6) Pada sidebar, buat minimal 10 link situs-situs yang berhubungan dengan topik bahasan anda. Ketika robot mesin pencari mengunjungi blog anda, mesin pencari akan menemukan link-link ini dan blog anda akan memperoleh manfaatnya.

7) Tulislah dengan bahasa yang sederhana, dengan paragrap yang pendek-pendek jangan terlalu panjang karena akan membuat pembaca anda merasa bosan bahkan membuat mereka tidak jadi membacanya. Ini merupakan petunjuk yang penting untuk penulisan dalam web, dan akan membuat postingan anda mudah dibaca dan dimengerti.

8) Selalu membuat link pada sumber-sumber yang anda gunakan untuk potingan anda. Ini bukan hanya etika yang baik tapi juga suatu cara untuk mempromosikan blog anda dan mendapatkan link, ketika orang yang anda link menemukan bahwa situs mereka sudah dilink, hampir bisa dipastikan bahwa mereka akan melinkkan kepostingan anda dari situs atau blog mereka.

9) Periksa kesalahan ejaan dan tatabahasa, ini akan membuat blog anda terlihat lebih profesional dan akan memungkinkan meningkatnya orang untuk melink blog anda.

10) Buat penggolangan untuk postingan anda dan jaga agar blog anda terorganisasi dengan rapi. Blogger baru-baru ini telah memodifikasi sofwarenya untuk mengijinkan penggunaan label.

11) Berpartisipasi aktif di forum-forum dan kelompok diskusi yang berhubungan dengan topik anda. Temukan apa pertanyaan yang paling umum dan sediakan solusinya di blog anda. Kemudian, arahkan para pembaca forum untuk mengunjungi blog anda. Coba juga untuk mengarahkan pembaca forum untuk membaca postingan anda yang lain, atau menjawab dengan tetap menyediakan link ke blog anda. Jika tidak, mungkin anda hanya sekedar untuk mempromosikan blog/situs anda.

12) Kasi kebebasan bagi pembaca blog anda untuk meng-email-kan postingan anda ke teman-teman mereka, keluarga, rekan bisnis, atau ke orang lain. Juga, berikan mereka pilihan untuk mem-bookmark postingan anda menggunakan del.icio.us, furl, atau beberapa “bookmarking service” yang lain. Anda bisa melihatnya di AddThis untuk mendownload sebuah “smart button” yang membuat “bookmark post” anda jadi mudah. Kamu dapat menemukan instruksi bagaimana cara menambahkan tombol itu ke Blogger disini. Cara termudah untuk men-sharing-kan postingan blog anda dan mendapatkan relevan traffic ke blog anda.

13) Gunakan Technorati tag pada akhir dari postingan blog anda. Technorati tag adalah salah satu cara untuk menggolongkan postingan anda dan mempromosikannya kepada pengunjung internet.

thanks to : Dian Wahyudi.

2 Responses

  1. nice tips ni mas
    saya blogger pemula

  2. thanks ya.. semoga bermanfaat tips tersebut, dan jadilah blogger.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: