Mengapa WordCamp 2010 Digelar di Gunadarma?


Pada tanggal 30 Januari 2010, telah digelar acara Wordcamp 2010 di kampusku Universitas Gunadarma, Margonda Depok. Gelaran WordCamp 2010 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu diadakan di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta, maka tahun ini diadakan di Universitas Gunadarma. Apa alasannya? Dijelaskan oleh Valent Mustamin, salah seorang organizer WordCamp 2010, bahwa tahun ini WordCamp telah melakukan pendekatan teknologi dan edukasi. “Tahun ini kita mau melakukan pendekatan antara teknologi dan edukasi. Oleh karena itu kita mencari lokasi akademis yang cocok. Nah, salah satu alternatif yang cocok adalah Universitas Gunadarma,” ujar Valent ketika dihubungi detikINET via telepon, Selasa (26/1/2010).

Ia pun menjelaskan bahwa Universitas Gunadarma juga memiliki poin yang sama untuk mengangkat masalah open source dan WordPress. Selain itu walau terletak di pinggir kota Jakarta, univeritas ini dapat menampung target peserta sekitar 350 orang.

“Mereka mau menjadi sponsor acara ini, maka dalam hal ini posisi Gunadarma adalah venue sponsor untuk tempat, dan juga mendukung koneksi Wi-Fi,” tambah Valent.

Inilah Para Pembicara WordCamp 2010 :

WordCamp 2010 tengah digelar di Universitas Gunadarma. Beberapa pembicara telah siap dengan pokok bahasan diskusi masing-masing. Siapa sajakah yang akan tampil?

Berdasar penjelasan Valent Mustamin, organizer WordCamp 2010, berikut adalah beberapa pembicara yang akan mengisi WordCamp 2010:

1. Beau Lebens – Automatic Inc.
Beau adalah seorang web developer WordPress dari Australia yang tinggal di San Fransisco. Ia telah berkutat dengan PHP/MySQL sejak tahun 2000. Dalam WordCamp 2010 ini, ia akan menjadi pembicara utama. Beau kini bekerja pada Automatic perusahaan pengembang dibalik WordPress.

2. Risman Adnan – Microsoft
Ia adalah pencipta Indonesia .NET Developer Community (INDC) dan Windows Server System Indonesia (WSS-ID). Risman kini bekerja bagi Microsoft Asia Pacifik dan bertugas membantu mendesain serta mengembangkan aplikasi web. Dalam WordCamp 2010 ini ia juga akan membahas perihal Windows Azure.

3. Michael Koenig – Intense Debate
Michael Koenig adalah salah seorang engineer Automatic. Ia bergabung dengan Automatic sejak Maret 2008.

4. Harry Sufehmi
Harry salah seorang IT konsultan yang tinggal di Jakarta. Bapak empat anak ini telah bekerja dengan WordPress sejak 2 tahun lalu, dan kini berfokus pada infrastruktur.

5. Made Wiryana – Universitas Gunadarma
Dr. rer. nat. I Made Wiryana mendapat gelar Sarjana Komputer (SKom) pertamanya dari Universitas Gunadarma dan Sarjana Sains (SSi) dari Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan studi S2 nya di Universitas Edih Cowan. Ia mendapat gelar Dr.rer.Nat dari Universitas Bielefeld Jerman di bidang ilmu komputer.

6. Setyagus Sucipto – iCreativeLabs Studio
Lulusan IT Unpad ini bekerja sebagai freelance web developer bagi iCreative Studio sejak 2006. Ia sangat berpengalaman di bidang Content Managment System (CMS) serta WordPress e-commerce.

7. Idris Khanafi – Komunitas MySQL Indonesia
Pemuda ini telah memiliki pengalaman 2 tahun sebagai Postgres & MySQL admin. Kini ia bekerja di detikcom, salah satu portal online terkemuka di Indonesia sebagai senior DBA. Dalam WordCamp 2010 ini, ia berbicara mewakili komunitas MySQL Indonesia.

sumber : DetikInet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: