Film Take Down


Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang hacker. Kevin Mitnick namanya , seorang ahli jaringan(hacker),yang selalu berhasil membobol situs atau jaringan yang dia inginkan. Kevin Mitnick memang dikenal sebagai rajanya para hacker. Ia dapat memasuki sistem apapun dengan mudah. Cara dia membobol suatu sistem sangat beragam, bisa dengan berpura-pura sebagai petugas yang menanyakan kode suatu sistem, mencari kelemahan dalam kode program tersebut atau dengan cara lainnya yang dapat ia lakukan. Ia telah berhasil membobol bank, saluran telepon, dsb. Ia bisa saja menjadi orang kaya dengan mengambil atau memerintahkan sistem pada bank untuk mengirim sejumlah uang yang ia inginkan, namun karena ia terus diburu oleh U.S. Marshall dan FBI, ia terpaksa berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Setiap ia berpindah pun ia selalu menyelidiki jalur komunikasi daerah tersebut sehingga ia akan selangkah lebih maju dari para agen yang mengejarnya.

Sampai suatu hari dia bertemu dengan lawan yang sepadan. shimamura adalah
seorang ahli keamanan jaringan yang sedang melambung nama besarnya. mitnick yang melihat shimamura melalui layar televisi merasa tertantang untuk mencoba kehandalan hacker yang satu ini.
Dia adalah seorang hacker keturunan Jepang, Tsutomo Shimomura yang menelusuri jejak Mitnick sampai ke tempat persembunyiannya di Raleigh, North Carolina pada Februari 1995, dan merupakan orang yang memiliki hak publisitas (buku dan film) mulai dari awal pengungkapan kasus sampai dengan penahanan buronan hacker ini. Berkali-kali Shimomura menyelidiki dan berusaha menjebak Kevin Mitnick, namun yang terjadi malah ia yang terus diserang oleh Mitnick. Sistem Contempt yang dibuat olehnya pun berhasil diobrak-abrik. Hingga pada akhirnya Mitnick melakukan kesalahan sehingga Shimomura dapat mengetahui lokasinya, akhirnya Mitnick tertangkap. Namun tidak sampai disitu saja, sebelum tertangkap ia telah mempersiapkan dirinya untuk membalas Shimomura, alhasil rekening milik Shimomura tidak dapat digunakan.
Film ini begitu berkaitan dengan seluk-beluk dunia IT. Film ini menunjukkan bahwa dengan IT kita bisa melakukan segalanya, tidak hanya yang baik, yang buruk pun bisa dilakukan. Dengan IT sebuah sistem (SAS) yang dirasa paling baik untuk negara tersebut dapat dibuat, namun dengan IT juga, sekejap sistem tersebut dapat diobrak-abrik. Dalam dunia IT, setiap informasi itu sangat berharga, sekecil apapun informasi itu atau sesepele apapun informasi tersebut bagi sebagian orang adalah suatu kunci untuk membuka suatu peti emas. Dari sini pula dapat kita simpulkan bahwa tidak ada sistem yang aman,seaman apapun suatu system sebaiknya kita tetap mewaspadai adanya suatu pembajakan dari system tersebut.
Sampai suatu hari dia bertemu dengan lawan yang sepadan. shimamura adalah
seorang ahli keamanan jaringan yang sedang melambung nama besarnya. mitnick yang melihat shimamura melalui layar televisi merasa tertantang untuk mencoba kehandalan hacker yang satu ini.

pertarungan seru antara mitnick dengan shimamura ,yang dibantu oleh polisi, akhirnya dimenangkan oleh shimamura. singakat kata mitnick akhirnya berhasil ditangkap dan dipenjara.
alur cerita yang seru dan mendebarkan menjadikan film ini menjadi film yang menarik.

Disamping itu banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini, diantaranya:

1. Setiap orang harus menghargai kebebasan orang lain.
2. Yang jahat selalu kalah(kayak di film-film lain lah)
3. Kesalahan persepsi kita dalam membedakan antara hacker dan cracker.
sebenarnya masih banyak sih yang ingin saya kupas tentang film ini tapi berhubung saya nulis ini udah malam, maka saya akhiri. Oh ya film ini sangat direkomendasikan kepada para mahasiswa IT, karena dalam film ini terdapat penjelasan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Hacker dengan Cracker. so…tonton yak!!! .

2 Responses

  1. bang krem dong film tentang hacker lagi sukak belajar masalah hacker,,,,,,,,,,,

  2. coba anda download saja dr web indowebster.com, lalu ketikkan judul film hacker yang dimaksud.. saya juga awalnya download dari website itu. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: